Komdis PSSI berencana panggil Persiba

Isu mafi a wasit kini menerpa Kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia 2009-2010 atau yang sekarang disebut dengan Liga Joss Indonesia. Isu tersebut menyeruak dalam Kongres PSSI di Bandung, yang berakhir 17 Januari lalu. Sebagai tahap awal untuk menindak lanjuti isu tersebut, Sabtu (23/1) Komisi Disiplin (Komdis) PSSI akan memanggil dua tim peserta Liga Joss, yaitu Persiba Bantul Mojokerto Putra, sebagai pihak pertama yang menyuarakan kasus tersebut.

Namun, Manajemen Persiba menilai pemanggilan tersebut sebagai sebuah langkah yang tidak konsisten. “Langkah mereka tidak akan memecahkan masalah. Jika pemanggilan dilakukan, hal itu justru akan mengotori hasil kongres. Dalam wacana yang berkembang saat kongres, Komdis harus turun ke lapangan dengan terlebih dahulu membentuk tim kecil untuk melihat jalannya pertandingan dan melihat kinerja wasit,” tutur Sumiharto, Asisten Manajer Bidang Litbang Persiba.

“Jika wacana tersebut tidak dilakukan, dan Komdis justru melakukan aksi panggil memanggil, sampai kapan pun masalah tersebut tidak bisa tuntas,” kata Sumiharto. Sumiharto, yang juga mantan manajer tim Persiba musim 2008/2009, mengungkapkan mencuatnya isu mafia wasit digelontorkan pada saat Kongres PSSI, dan hal tersebut mendapatkan respons dari peserta kongres.

Dari kongres tersebut, muncul rekomendasi kepada Komdis untuk melakukan pemeriksaan awal, dan hal ini diteruskan oleh Hinca Panjaitan yang diberikan waktu satu pekan sampai dua pekan untuk menyelesaikan. Sekjen PSSI, Nugraha Besoes, mengatakan baru kali ini ada peserta kongres yang berani memaparkan secara gamblang dugaan mafia wasit di hadapan forum resmi. “Selama ini sudah sering ada kabar mengenai mafia wasit.

Hanya saja, masih sebatas informasi yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya,” kata Nugraha. “Ini semua karena belum pernah ada yang berani menyuarakannya secara gamblang. Apalagi dilakukan di hadapan forum resmi. Kami tentu berterima kasih dengan hal seperti ini, dan akan segera melakukan tindakan,” tuturnya. Masih kata Nugraha, demi untuk kepentingan pengusutan, pihaknya untuk sementara menyimpan nama yang menyampaikan laporan tersebut.

Hal yang sama untuk para wasit yang diduga melakukan tindakan tidak terpuji itu. Sementara, Mafirion, juru bicara PSSI, menegaskan Ketua Umum PSSI (Nurdin Halid) telah memerintahkan komisi disiplin (Komdis) untuk segera mengusut dugaan adanya praktik suap dan mafia wasit pada Divisi Utama. Menurut Mafirion, karena komisi hukum baru akan turun melakukan penyelidikan sehingga pihaknya untuk sementara menyimpan rapat identitas pelapor yang menyampaikan adanya dugaan mafia wasit tersebut.

Begitu pula imbuhnya, kepada para pengadil lapangan hijau yang diduga melakukan tindakan tidak terpuji, yang tentunya sangat mencoreng wajah sepakbola nasional. Dikatakan Mafirion, bentuk suap yang dilakukan para pengadil lapangan hijau itu adalah dengan pengaturan skor. Namun dirinya menolak memberikan rincian serta modus dan besarnya dana operasional yang dibutuhkan para mafia wasit, seperti yang dituduhkan(harjo)

1 Response to “Komdis PSSI berencana panggil Persiba”


  1. 1 nero364 Februari 11, 2010 pukul 3:11 pm

    tanggapi semua dengan lebih bijak🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




SALAM PERDAMAIAN

bagi seluruh supporter persiba, mari kita junjung sportivitas dilapangan. NO ANARKI, NO TAWURAN, JUST FAIRPLAY & AGAINT RACISM!

Daftar Menu

Januari 2010
S S R K J S M
« Jun   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

%d blogger menyukai ini: