Polah Paserbumi; Fanatik Tidak pada Tempatnya

Heran, itulah yang ada dipikiranku ketika mendengarkan lascar Paserbumi, mengumandangkan kooooooor untuk mendukung Persiba. Gimana ga heran, coba lihat, dengar, dan perhatikan dengan seksama, ketika ada supportter tim lawan yang datang di stadion Sultan Agung. Saat supporter tamu mengumandangkan salam perjumpaan, seperti “piye…..piye….piye……kabare, piye….kabare cah paserbumi?” berkali-kali, dengan semangat yang pooooooooool.(Tanpa bermaksud untuk menyalahkan pihak manapun) sebagai wong Jogjakarta yang terkenal dengan basa basi, lembah manah, andap asor, mikul dhuwur mendem jero (bar kursus sambutan go manten ki) dan menjunjung tinggi nilai sportivitas seharusnya dijawab dengan sopan, seperti “apek….apek…apek…kabare, apek kabare cah paserbumi”.
Tapi kenyataannya, beberapakali diperhatikan justru “paserbumi choir” mengacanginya alias dicuekin. Duh….duh…..apa ya ga malu, wong supporter lawan menyapa dengan ramah kok malah didiemkan bahkan kadang jawabannya justru “ngabangke kuping” alias “marmos”=marai emosi. (sabar….sabar nek….wong sabar dijembarke ati, jantung, paru pokoe kabeh jeroan). Kadang kata-kata yang tidak senonoh justru dilontarkan untuk supporter tim lawan oleh Paserbumi crew.
Hal yang biasanya kemudian dijadikan alasan adalah “fanatic”, tapi apakah memang bener-bener karena fanatic atau hanya ingin memancing sentiment supporter lawan. Tapi apa pun itu alasannya, sebenarnya tidak salahnya membalas sapaan supporter lawan. Bukankah sedikit keramahtamahan akan semakin menambah erat jalinan persahabatan dengan supporter lainnya. Maka saat Paserbumi harus bertandang ke kandang lawan, tentunya juga akan di “ajeni” alias di uwongke, kalo kita juga mau “ngajeni” sopportter lawan. Tapi kalo ga mau, maka jangan pernah berharap kita di “ajeni” dikandang lawan. Malah hasil akhir bisa dipastikan dengan kisruh alias tawur.

1 Response to “Polah Paserbumi; Fanatik Tidak pada Tempatnya”


  1. 1 prima aditya dewangga Oktober 20, 2009 pukul 9:29 pm

    persiba dah lawan the jack mania belum..klo persib pasti udah sering di bantai


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




SALAM PERDAMAIAN

bagi seluruh supporter persiba, mari kita junjung sportivitas dilapangan. NO ANARKI, NO TAWURAN, JUST FAIRPLAY & AGAINT RACISM!

Daftar Menu

Mei 2009
S S R K J S M
« Mar   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

%d blogger menyukai ini: