Jumlah tim divisi utama 34 tim

JAKARTA – Sudah sepekan lebih Nurdin Halid berada dalam Rumah Tahanan (Rutan) Salemba. Meski berada di balik jeruji besi, sosok ketua umum PSSI itu masih saja mengumbar kontroversi. Seperti yang terjadi Jumat (21/9) pekan lalu. Diam-diam, dia membuat keputusan mengejutkan.Apa itu? Lewat rapat Executive Committee (Exco/komite eksekutif), Nurdin memutuskan perubahan frontal di kompetisi Liga Indonesia musim depan. Kompetisi sepak bola Indonesia tahun depan dibagi dalam lima strata. Yakni, Superliga, Divisi Utama, serta Divisi I, II, dan III. Strata itu memang tidak terlalu bermasalah. Yang aneh adalah jumlah kontestan di tiap-tiap strata tersebut.

Untuk Superliga, sudah tidak ada masalah karena dihuni 18 tim. Divisi Utama menjadi 34 tim, Divisi I 48 tim, dan Divisi II 84 tim. Sedangkan Divisi III, jumlahnya tidak terbatas. Rincian itu tertuang dalam surat keputusan Kep/12/NH/IX/2007 yang ditandatangani Nurdin pada 23 September alias Minggu lalu.

“Ya, betul, ada SK tersebut. Cuma, SK itu masih sekadar menyebutkan jumlah peserta kompetisi dan belum berbicara masalah format. Sebab, format kompetisi masih nanti, menunggu kompetisi Divisi Utama musim ini selesai,” ucap salah satu anggota Exco Iwan Budianto setelah berkonsultasi dengan koleganya di Exco, Mafirion, kemarin (27/9).

Keluarnya SK tersebut jelas semakin menunjukkan bahwa PSSI di bawah kendali Nurdin merupakan organisasi yang tidak pernah lepas dari sikap inkonsistensi. Betapa tidak, dalam Manual Liga Indonesia (MLI) 2007, jumlah kontestan Divisi Utama musim depan disebutkan sebanyak 18 tim. Jumlah itu berasal dari sepuluh tim yang bertahan di Divisi Utama plus delapan tim yang promosi dari Divisi I.

Untuk Divisi I, sejatinya hanya dihuni 40 klub. Sebab, ketentuan Divisi I musim ini menyebutkan bahwa delapan tim promosi ke Divisi Utama dan delapan tim degradasi ke Divisi II. Sebagai gantinya, Divisi I mendapat limpahan delapan tim yang degradasi dari Divisi Utama dan delapan tim promosi dari Divisi II.

Berkaca dari situ, SK yang diedarkan PSSI tersebut jelas menyalahi aturan yang telah mereka buat sendiri. Atau, jangan-jangan, SK tersebut sengaja dibuat sebagai sarana “meninabobokan” klub-klub agar tidak menuntut mundur Nurdin dari kursi ketua umum PSSI. Sebab, cara itu sudah pernah dilakukan Nurdin pada musim kompetisi 2005 dan 2006. Kala itu, dari Rutan Salemba juga, Nurdin membuat keputusan penambahan jumlah klub serta penghapusan degradasi.

“Jangan berasumsi. Keputusan tersebut tidak menyalahi Manual Liga Indonesia. Itu adalah bentuk penyesuaian. Apalagi, di Manual Liga Indonesia, terdapat kata ’kecuali diputuskan berbeda oleh Exco’,” ujar Budianto yang disetujui Mafirion.

“Keputusan memperbanyak jumlah tim Divisi Utama merupakan hasil studi banding dengan beberapa negara dan AFC. Kami menemukan fakta bahwa terlalu kecil jika Divisi Utama hanya diisi 18 tim. Sebab, dalam satu musim, satu klub harus bertanding di atas 30 kali atau minimal 40 kali,” sambung Mafirion.

Alasan itu jelas terasa janggal. Sebab, jika dihitung, dengan kontestan 18 tim dan dimainkan satu wilayah, satu klub bisa bermain 34 kali dalam satu musim. “Salah memang kalau menyebut di atas 30 kali. Setahu saya, aturannya menyebutkan di atas 40 kali,” papar Boedianto.

Nah, siapa yang benar? Atau, jangan-jangan benar, SK Kep/12/NH/IX/2007 tersebut sengaja dibuat untuk membuat klub-klub senang dan melupakan urusan melengserkan Nurdin dari jabatan ketua umum PSSI? (fim)

Distribusi Peserta Liga Indonesia Musim Depan
Superliga : 18 tim
Divisi Utama : 34 tim
Divisi I : 48 tim
Divisi II : 84 tim
Divisi III : Tidak Terbatas

*Pesertanya masih menunggu Divisi Utama musim ini selesai. Ketentuan ada tidaknya degradasi serta tim-tim yang promosi ke Divisi Utama juga masih menunggu selesainya Divisi Utama musim ini.(jwpos)

0 Responses to “Jumlah tim divisi utama 34 tim”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




SALAM PERDAMAIAN

bagi seluruh supporter persiba, mari kita junjung sportivitas dilapangan. NO ANARKI, NO TAWURAN, JUST FAIRPLAY & AGAINT RACISM!

Daftar Menu

September 2007
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

%d blogger menyukai ini: