Unjuk Gigi Wasit

Bila kita mengamati pertandingan yang digelar antara Indonesia melawan Arab Saudi kemarin, maka akan sangat tampak satu hal yang menonjol yaitu tentang kepemimpinan wasit. Dengan tidak bermaksud untuk mengkambinghitamkan wasit sebagai penyebab kekalahan Indonesia pada waktu itu tapi diakui bahwasannya kepemimpinan wasit pada saat itu sangat merugikan Indonesia. Terbukti dengan dikeluarkannya 8 kartu kuning untuk tim Indonesia. Beberapa pelanggaran yang seharusnya hanya membuahkan teguran dari wasit tetapi justru kartu kuning langsung yang diperoleh oleh para pemain. Untungnya hal ini segera disikapi dengan cepat oleh PSSI, yaitu dengan segera mengajukan protes terhadap official Konfederasi Sepakbola Asia. Bahkan tidak hanya PSSI saja yang melakukan protes tetapi Presiden SBY dan para suportter tim Merah Putih juga melakukan hal yang sama.

Pada gelaran Internasional seperti ini, seharusnya wasit yang bertugas dapat dijadikan panutan dalam ajang regional. Tetapi apa yang terjadi? UNJUK GIGI wasit ternyata sangat mempengaruhi jalan dan hasil sebuah pertandingan. Ternyata masih ada saja wasit yang “seperti itu”, diajang sepenting ini. Istilah “konco” masih saja berlangsung dalam ajang Internasional semacam ini. Wasit yang seharusnya bisa memimpin pertandingan secara adil dan tidak menguntungkanmanapun justru merugikan salah satu tim yang bertanding. Seperti halnya yang terjadi dengan wasit-wasit yang selama ini memimpin pertandingan Sepak Bola di Indonesia, mereka seharusnya tidak ikut campur dalam hasil pertandingan yang terjadi. Tetapi karena otoritas yang mereka miliki, mereka dapat dengan mudah membuat sebuah tim menang ataupun kalah semau mereka, meskipun tidak semua wasit berbuat demikian. Akibat kelakuan mereka tersebut banyak tim yang diuntungkan tapi lebih banyak yang dirugikan. Persiba contohnya, ketika tandang melawan Persibo, hanya karena M Eksan melakukan protes yang berlebihan, ia langsung dikartu merah. Apakah itu tidak terlalu berlebihan?

Tampaknya para wasit ini masih perlu banyak belajar, agar keputusan yang mereka buat benar-benar adil dan tidak berat sebelah. Memang benar wasit juga hanya seorang manusia biasa yang wajar bila satu atau dua kali melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan ditengah lapangan, tapi bila berkali-kali? tidak bisa ditolerir. Bila para wasit yang “seperti itu” tidak segera memperbaiki kinerja mereka, maka dapat dipastikan pula sepak bola Indonesia tidak akan pernah maju. Sebab perlu disadari bahwa maraknya kekerasan yang seringkali mewarnai sepakbola kita disebabkan adanya keputusan wasit yang tidak adil dalam memimpin sebuah pertandingan. Bagaimana persepakbolaan Indonesia bisa maju kalau isinya hanya JOTOS-JOTOSan antara suportter vs wasit, wasit vs pemain, pemain vs pemain, dan suportter vs suportter.

Sepak bola bukan hanya sekadar seni yang tidak bisa diprediksi oleh siapa saja, tetapi juga menjadi bagian dari etika kehidupan tentang fair play dan kendali emosi.

Tetapi buat para wasit yang memang telah melaksanakan kinerjanya semaksimal mungkin dan berbuat seadil adilnya dalam memimpin sebuah pertandingan, empat acungan jempol untuk kalian. Buktikan bahwa kalian semua mampu menjadi wasit yang adil dan bisa bertanggung jawab terhadap seluruh keputusan yang diambil, sehingga Persepakbolaan Indonesia dapat maju tidak hanyak jalan ditempat atau mundur kebelakang.(neXsta)

1 Response to “Unjuk Gigi Wasit”


  1. 1 NeLL Juli 17, 2007 pukul 11:27 am

    Wes….bravo nanex….hebat…wuih iso berbicara panjang lebar geto…wuahahaha, teruskan nex…bantul rewo-rewo pokoe….jadi terheru aku nex…dirimu begitu bersemangat….maju terus sepak bola indonesia, jangan pikirin nyang kemaren..yang penting lawan coree du sud alias korsel besok menang bos…n moga2 kali ini wasite bener2 propesional, persiba n indonesia, je t’aime beaucoup…i lop u so much pokoe….semangat….

    siiip………..pokoe maju terus sepakbola indonesia……………………(neXsta)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




SALAM PERDAMAIAN

bagi seluruh supporter persiba, mari kita junjung sportivitas dilapangan. NO ANARKI, NO TAWURAN, JUST FAIRPLAY & AGAINT RACISM!

Daftar Menu

Juli 2007
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

%d blogger menyukai ini: