Plagiatisme Suporter Kita

Pernahkah anda menonton pertandingan kesebelasan lainnya, misal PSIM, atau PSS, atau menonton siaran langsung di televisi. Bisakah anda cari persamaan diantara pertandingan-pertandingan itu. Kalau anda menebak lagu yang dinyanyikan suporter-suporter tim-tim yang bertanding, tebakan anda benar. Pada dasarnya hampir semua lagu yang dinyanyikan oleh supporter kita itu sama. Tak kasih contoh misal yang dinyanyikan Paserbumi:

” ..kita dukung tim persiba kita sekarang dan selamanya….”

di jakarta lagu itu berubah menjadi

“kita dukung tim persija kita sekarang dan selamanya …ayo the jak-ayo the jak…”

contoh lagi :

“persiba-persiba oo persiba.. paserbumi dukung persiba..sekarang persiba harus menang….”

di malang persiba diganti menjadi arema, di jogja diganti psim. dan seterusnya ..dan seterusnya…

pertanyaanya

apakah suporter kita kehabisan kreatifitasnya? atau budaya jalan pintas telah sebegitu mewabah, sehingga untuk lagu pun tinggal ganti nama ,, langsung jadi deh….

 

Beberapa waktu lalu saya membuka www.satujiwa.net milik arema malang, disana dituliskan laporan lengkap pandangan mata pada saat Persiba menghadapi Arema di Stadiun Sultan Agung. penulisnya menulis tentang paserbumi kira-kira begini… suporternya bau alkohol, lagu-lagunya arema abis…. wah kalau saya, malu mendengar itu, misalnya saya Ari Pambudi, saya lebih malu lagi, atau saya leadernya (yang pakai topi panjang, maaf saya g tahu namanya) pasti saya malu.

oleh karena itu ada baiknya dan memang sebaiknya kita bisa menciptakan lagu-lagu kita sendiri, gunakan otak (kanan atau kiri ya) kita, ciptakan lagu sendiri. Biarkan pembajakan menjadi hak para pembajak CD, VCD, dan DVD. Mosok Supporter mbajak , malu dunk hehe.

 

tolong kalo ada yang punya koneksi ke lurah atau carik ,atau leader-e mbok diomongke

 

7 Responses to “Plagiatisme Suporter Kita”


  1. 1 PSG Juli 3, 2007 pukul 12:28 pm

    Setuju..ayo buat lagu sendiri..wong Bantul gak kalah kreatif kok. Banyak sekolah dan perguruan tinggi seni di Bantul. Harus bisa dimanfaatkan.

  2. 2 rooney Juli 3, 2007 pukul 3:57 pm

    Ta Veta…wis tak kirimi email desain cover lho.

  3. 3 cyberbumi Juli 4, 2007 pukul 1:36 pm

    rooney : maturnuwun tak bukakke, aku sampe jum’at lagi sibuk nggolekke adikku sma je

  4. 4 NeLL Juli 10, 2007 pukul 11:42 am

    Buat lagu dewe, setuju aku….tapi kok arema nulis, lagunya arema abiss….wah, padahal menurutku kalau denger di tipi2 itu lagune hampir sama kabeh kok,….sing mabok2 nggilani, ndeso tenan cen an…suporter cewek jadi gak aman bos…harap ditindak tegas..

  5. 5 nanexnesta Juli 11, 2007 pukul 9:41 am

    Lihat LeBih biJaksanA……..
    saya setuju seumpamanya pembajakan lagu itu segera dihentikan, tetapi tolong kalo nulis yang lebih bijaksana ya mas….veta. kalo seumpamane leadernya sampe mbaca kolom inikan juga kasihan. belum tentu ada yang mau lhoooo memimpin ratusan orang kalo emang gak bermental kuat. kalo saya justru salut dengan yang mas leadere itu, tapi memang ada benernya kalo kita bisa lebih kreatif dan inovatif. jika Arema mengakui kalo itu lagu-lagu itu milik mereka apa buktinya? toh saya dengar hampir dan bahkan seluruh tim diliga Indonesia menggunakan alunan nada dan irama yang sama, hanya diubah liriknya sediki-sedikit.saya kira itu hanya semacam pengalihan perhatian ketika permainan mereka sebagai jawara Copa Indonesia mampu ditandingi tim selekelas GuRem macam persiba apalagi yang masih bercokol di divisi satu yang kelasnya jauh dari mereka.trus masalah suporter yang bau alkohol!!!!!meskipun saya sendiri tidak suka dengan yang namanya alkohol , tapi saya rasa wajar bila dittiap pertandingan ada hal semacam itu, bukan hanya para pendukung persiba tapi saya rasa seluruh pendukung tim yang ada di liga Indonesia. hal semacam itu tidak perlu lah di DRAMATISIR. tapi saya setuju bila yg namanya lakohol itu jangan dibudidayakan …….marai kere tur yo marai mlengse utekke. tul ra……

  6. 6 Hand Juli 20, 2007 pukul 10:56 am

    Setutu,,,setuju dap!!! Tpi ne setujunya lain lho ma DPR hiiikzz….
    Wah nek nonton bola ko’ nganggo Alkohol barang ki yo ga seru tpi malah saru,,,,
    nek menurut q sek ngono kui niate ga’ nonton ato ndukung persiba tpi mung arep nampang ato mung nggaya,,,,, padahal yow ga’ teu n’ ga’ hobby ma Sepak bola… Ukh,, Cape’ dech,,,,
    wis ngono sik ae…. mengko po kapan di sambung meneh,,,,Hehe…

    sepakat mas….ditunggu sambungannya

  7. 7 kanthonx Juni 8, 2009 pukul 11:31 am

    akuh mohon lagu2 di lapangan agar d masukkan k komputer agar smua bisa dwnld.dan bisa d dngering sma yg laen.

    matur nuwon


Tinggalkan Balasan

SALAM PERDAMAIAN

bagi seluruh supporter persiba, mari kita junjung sportivitas dilapangan. NO ANARKI, NO TAWURAN, JUST FAIRPLAY & AGAINT RACISM!

Daftar Menu

Juli 2007
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

